• sering boncos?
  • cara main di Facebook gimana sekarang?
  • kapan bisa profit?
  • kapan waktunya scale?

 

Tutorial ini mungkin gak akan berurutan, karena ditulis berdasarkan dengan case yang saya hadapi baik dari usaha sendiri maupun study case klien.

 

Ini kalau biasanya saya tuangkan ke Blog gak jadi-jadi, tapi alhamdulillah kesampaian nulis disini karena format sharing di forum BK itu santai dan ringan, tapi dalam ... halah 😅

 

Case disini... beberapa kali saya menemui teman maupun klien yang sedang implementasi FB Ads dan berakhir dengan boncos, kemudian yang endingnya seperti ini

  • istirahat atau tidak beriklan lagi
  • membayar agency tapi gak tau matrix dasarnya
  • menyimpulkan FB uda gak profitable

 

Sebenarnya ada 3 hal yang bisa dilakukan setelah boncos

  • cari tahu dimana kesalahannya, kemudian praktek lagi
  • upgrade! ikut workshop berbayar jika perlu
  • kerjasama dengan teman yang sudah biasa beriklan

 

Oke balik ke topik, sebenarnya bagaimana sih gambaran besar dan proses yang akan kita lalui saat beriklan di Facebook (atau sebenarnya di channel advertising manapun sih...)

 

Testing - 'Bakar Duit'

 

Target dari proses ini :

  • mendapatkan data
  • menguji asumsi yang kita miliki
  • menentukan KPI dasar

 

Apa yang kita lakukan di proes ini :

Pada tahap ini sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kita tes, paling tidak beberapa komponen utama seperti

  • tes produk
  • tes ads creative
  • tes targeting
  • tes landing page
  • tes konversi penjualan

 

Nah data awal testing ini biasanya berasal dari 2 hal,

  1. Data customer yang sudah ada
  2. Data asumsi

 

Data Customer

Kalau kamu sudah pernah menjual produknya secara offline / online, laku, punya database pelanggan, tahu detail behavior dan demografi mereka. Maka hal ini akan sangat membantu sekali mempercepat proses testing.

 

Data Asumsi

Tapi kalau belum tau sama sekali atau punya database tapi kita gak kenal sama sekali dengan customermu ya sama saja, kamu mulai dari asumsi saja.

 

Misal asumsi siapa target market, apa pain & gain mereka, mereka produkmu lebih menarik dibandingkan kompetitor, mengapa harus membeli dari tokomu, dsb

 

Punya data tapi Gak kenal ini seperti apa? Kamu hanya sekedar punya data nama, WA dan alamat mereka saja, tapi gak mengenal mereka lebih dalam. Gak tahu apa yang mereka sukai, kenapa membeli produkmu, dimana mereka berkumpul, apa aktifitas yang mereka sukai, profesinya apa, tinggal dimana dsb

 

FYI saya punya teman, database pelanggannya sudah puluhan ribu, tapi kini data itu hanya menumpuk di salah satu sudut kantornya. #oalah

 

Jadi ya punya data aja gak cukup, menurut pengalaman saya ada 4 Level orang berdasarkan kepemilikan data

  1. tidak punya data sama sekali
  2. bisa mengumpukan data
  3. tau cara baca data
  4. tau bagaimana cara menarik kesimpulan dan menentukan action dari data tersebut

 

Saran

siapkan dana untuk 'dibakar' atau budget testing. Mindset di proses utama ini adalah nothing to lose. Kalau rugi ya sudah, memang dalam proses ini kita sedang membeli data. Tapi kalau laba di proses ini ya alhamdulillah, kamu beruntung.

 

Tahap 2 : Optimizing

 

Target dalam proses ini :

  • melakukan perbandingan dan penyesuaian KPI
  • mengoptimalkan iklan / mencari winning campaign
  • buat iklan profit

 

Data dari proses testing akan saya bandingkan dengan KPI Ads (Key Perforamance Indicator) yang saya miliki. Beda advertiser beda KPI, karena masing-masing juga punya gaya bermain sendiri.

 

KPI ini tidak kaku dan bisa menyesuaikan kondisi, terutama jika memang produknya beda industri dan beda kelas target market.

 

Ada ratusan metrix di dalam dashboard Facebook, hanya saja dalam proses ini yang biasanya paling saya perhatikan minimal 8 metrix ini

  • Spent
  • Reach
  • CTR
  • Link Click
  • LP View
  • Lead
  • Cost Per Lead
  • Purchase

 

Tujuan akhir dari proses kedua ini adalah bagaimana cara iklan kita bisa profit. Biasanya banyak proses A/B Testing disini mulai dari terutama terkait ads copy, targeting dan landing page hingga mampu sesuai KPI dan menemukan winning campaign.

 

Lanjut besok untuk proses 3 :)

Pertanyaan langsung di komentar ya

 

Stay tune di channel Telegram BK untuk dapat update artikel ini. Klik disini >> Telegram BK

Mengapa kamu juga harus sharing di forum ini? apa manfaatnya? cek disiini >> Story & Goal